Itinerary Wisata Ambon dalam 2 hari, ada air terjun tersembunyi & banyak pantai indah yang masih alami

Wisata Hari Ketiga – City Tour & Ke Batu Kapal

Minggu 21 Mei 2023, untuk itinerary wisata Ambon pada hari ketiga yang tepat hari Minggu ini diawali dengan beribada di pagi hari. Bagi umat Katolik yang sedang berada di kota Ambon dan ingin beribadah, bisa menuju ke Gereja Katedral Paroki Santo Fransiscus Xaverius, yang merupakan pusat dari Keuskupan Ambon. Jadwal misa disini di pagi hari kemarin pas saya kesana adalah di jam 08:00. Gereja Katedral Ambon ini terletak di Jalan Pattimura. Dari depan pintu gerbang Gereja Katedral Ambon, kita akan melihat satu arsitektur bergaya Eropa yang begitu megah sebagai bangunan utama Gereja. Beberapa patung dari tokoh-tokoh suci umat Kristiani tampak berdiri di atas pintu depan Gereja dan memberikan kesan Gotik yang sangat terasa. Sementara di bagian dalam gereja, diperkirakan bisa menampung sekitar 1000 umat, karena terdapat balkon tambahan di lantai 2.

Gereja Katedral Ambon Paroki Santo Fransiskus Xaverius

 

Selesai beribadah, untuk itinerary wisata Ambon hari ini rencana lebih banyak hanya di sekitaran kota saja. Karena Ambon merupakan ibukota provinsi Maluku, maka banyak bangunan pemerintahan provinsi yang berada di sini. Sepulangnya dari gereja saya jalan santai saja mengelilingi jalanan kota Ambon.

Suasana Pusat Kota Ambon di pagi hari

 

Tepat di tengah kota Ambon tedapat taman yang menjadi salah satu landmark & pusat kegiatan warga sekitar. Sekilas tentang Kapitan Pattimura, beliau adalah salah satu pahlawan nasional, memiliki nama asli Thomas Matulessy lahir di Pulau Seram pada 8 Juni 1783. Ia dan pasukannya kerap kali mempersulit pergerakan Belanda di tanah Maluku. Bahkan nama Pattimura disegani oleh para pemimpin VOC yang saat itu harus berpikir keras untuk melawan rakyat Maluku.

Taman Pattimura

 

Tak jauh dari Taman Pattimura, terdapat monument & situs bersejarah yaitu Gong Perdamaian. Monumen yang diresmikan pada tanggal 25 November 2009 ini dibangun untuk mengenang tragedi kemanusiaan umat beragama di Ambon pada masa lampau. Gong Perdamaian melambangkan symbol perdamaian sekaligus pengingat sejarah kelam perang saudara yang pernah memecah belah Maluku pada tahun 1999. Tepat dibawah gong perdamaian juga terdapat museum yang menampilkan foto-foto sejarah masa lalu kota Ambon.

Itinerary Wisata Ambon - Gong Perdamaian
Gong Perdamaian Ambon

Setelah dari Gong Perdamaian, karena masih ada waktu saya melajukan motor menuju ke daerah Karpan yang tak jauh dari pusat kota. Disini terdapat Gedung DPRD Maluku dan Patung Christina Martha Tiahahu. Sayangnya akses masuk ke taman Christina Martha Tiahahu sedang tutup pada waktu itu. Beliau adalah salah satu pahlawan nasional wanita yang berasal dari Maluku, lahir di Nusa Laut, Maluku, 4 Januari 1800 – meninggal di Laut Banda, Maluku, 2 Januari 1818. Christina Martha Tiahahu tercatat sebagai seorang pejuang kemerdekaan yang unik yaitu seorang putri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam Perang Pattimura tahun 1817.

Itinerary Wisata Ambon - Patung Christina Marta Tiahahu
Taman Christina Martha Tiahahu

Karena jam sudah menunjukan menunjukkan mau pukul 11 siang, saya akhirnya kembali ke penginapan untuk persiapan checkout & packing. Setelah checkout hotel, tujuan selanjutnya adalah cari sarapan sekaligus makan siang. Tujuan utamanya waktu itu adalah mau ke Sibu-sibu Café untuk nyobain kopi rarobang nya, tapi saya salah prediksi, ternyata tempat ini tutup di hari Minggu meskipun di google maps tertulis buka. Akhirnya setelah browsing2 mbah gugel, untuk warung yang menjual kopi & jajan tradisional disarankan menuju ke Lela Coffee Shops yang berada di jalan Sam Ratulangi. Sebenarnya pas lihat menu ada yang cukup menarik perhatian yaitu Pulut Siram, tapi apa daya ternyata sudah habis, ya sudah ngemil seadanya aja deh. Di sini saya memesan kopi jahe & beberapa jajanan tradisional.  

Kuliner Jajanan Tradisional Ambon
Ngopi & nyemil jajanan tradisional di Lela Coffee Shops

Setelah ngemil siang, saatnya melanjutkan perjalanan ke tujuan terakhir pada itinerary wisata Ambon di hari ini sebelum menuju Bandara yaitu ke Batu Kapal Lilibooi, yang terletak sekitar 30km dari pusat kota Ambon & sekitar 10km di sebelah barat Bandara Pattimura. “Pantai Batu Kapal memiliki potensi ciri khas yang berbeda dengan wisata pantai lainnya di Pulau Ambon. Pantai ini memiliki tebing karang yang tinggi sekitar 30 m dari permukaan laut yang mempunyai lubang sebesar 3 m2. Keunikan dari tebing ini yakni berbentuk kapal sehingga masyarakat Lilibooi menamainya “Pantai Batu Kapal”. Objek wisata Batu Kapal ini dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam atau biasa disebut juga “luar kapal” dan “dalam kapal” . Pada bagian luar pantai ini kita bisaa melihat bebatuan besar serta tebing tinggi yang bentuknya menyerupai jendela kapal. Hal yang tak kalah indah yaitu pada pada bagian dalam kapal terdapat pemandangan yang luar biasa, masyarakat sekitar menyebutnya kolam renang atau private pool. Pada kolam renang ini biasanya wisatawan bisa berenang dan melakukan cliff jumping sepuasnya tanpa takut terbawa arus ombak. letak kolam renang dikelilingi tebing batu dengan arsitektur yang unik. semua arsitektur tebing batu merupakan proses alami tanpa ada sentuhan berarti dari manusia. Hal ini yang membuat ombak di pantai bagian dalam begitu tenang. Pengunjung bisa masuk ke area dalam kapal ini dengan bantuan jalan setapak serta sebuah tangga yang didesian khusus untuk membantu pengunjung mencapai lokasi dalam kapal untuk berenang dan berfoto.” – Sumber artikel

Batu Kapal Lilibooi

 

Waktu menunjukkan sudah jam 2 siang. Berhubung jam keberangkatan pesawat ke Jakarta adalah jam 16:15 jadi sekitar jam 3 saya harus sudah di Bandara, saya menyudahi kunjungan ke Batu Kapal ini dan berangkat menuju bandara. Sekitar jam 3 sore saya sudah sampai bandara. Dan setelah mengembalikan motor & proses check in sekitar jam 15:30 saya sudah berada di ruang tunggu bandara untuk menunggu keberangkatan pesawat Garuda Indonesia GA 647 dengan tujuan Jakarta.

Itinerary Wisata Ambon - Tiket Pesawat Garuda GA647
Tiket Pulang ke Jakarta GA 647

Tepat pada waktunya sesuai jadwal pukul 16:15, pesawat Garuda Indonesai GA 647 sudah berangkat menuju Jakarta. Untuk fasilitas yang didapat kurang lebih sama seperti saat berangkat, yang membedakan hanya pada menu makan sore nya yaitu Nasi Kuning Ikan, sementara kondimen yang lain hampir semua sama. Dan setelah mendarat di Jakarta sekitar jam 17:45 saya melanjutkan pulang ke tempat tinggal di Grogol dengan naik kereta api sama seperti waktu keberangkatan.

In Flight Meal Penerbangan Garuda GA647
Menu Makan Sore di Pesawat Garuda GA 647

Kesimpulan dari perjalanan ini tentu saja saya sangat bersyukur masih diberi kesempatan untuk berkunjung menikmati keindahan alam pulau Ambon, dan Maluku menjadi provinsi ke 23 yang sudah pernah saya kunjungi. Untuk tempat yang bisa dikunjungi di Ambon di dominasi oleh pantai, dan jenis karakteristik pantai nya pun beragam, mulai dari yang berpasir putih seperti Pantai Liang, pantai dengan gunung karang seperti Pantai Pintu Kota, atau pantai dengan kolam alami dari batu karang seperti Pantai Huluwa & Lilibooi. Selain pantai juga ada wisata alam berupa air terjun tersembunyi, dan bukit yang bisa digunakan untuk melihat pegunungan diantara lautan lepas. Untuk akses jalan selama masih di kota Ambon, atau di pesisir Ambon sebelah timur, jalan sangat lebar dan bagus. Namun untuk sisi pulau Ambon sebelah Barat, utamanya setelah bandara Pattimura banyak jalan rusak yang kurang bagus. Untuk kontur jalan lebih banyak berada di tebing sebelah bukit tapi dibawahnya adalah lautan, sehingga sangat menyenangkan untuk dilewati dengan akan sering menemui tanjakan atau turunan tajam dan jalan berkelok-kelok. Sementara untuk kuliner dan tempat perbelanjaan juga sudah cukup lengkap namun hanya di Kota Ambon nya saja. Sekian tulisan tentang perjalanan ke kota Ambon selama 2 hari, terimakasih sudah membaca. Untuk itinerary & rincian biaya perjalanan  bisa dilihat pada table dibawah ini:

 

Detail Itinerary Wisata Ambon

Jumat 19 Mei 2023

Waktu Kegiatan
15:15 – 15:30 Serah terima motor di bandara
15:30 – 15:50 Perjalanan dari bandara ke Jembatan Merah Putih
15:50 – 16:00 Berhenti sebentar melihat pemandangan di atas Jembatan Merah Putih
16:00 – 16:50 Perjalanan dari Jembatan Merah Putih ke Pantai Pintu Kota (mampir isi bensin lama)
16:50 – 17:50 Jalan-jalan di Pantai Pintu Kota
17:50 – 18:10 Perjalanan dari Pantai Pintu Kota ke Tanjung Nusaniwe
18:10 – 18:30 Jalan-jalan di Tanjung Nusaniwe
18:30 – 19:15 Perjalanan dari Tanjung Nusaniwe ke Dapur Kole-kole (mampir beli aqua di Indomaret)
19:15 – 19:45 Makan malam di Dapur Kole-kole
19:45 – 20:00 Perjalanan dari Dapur Kole-kole ke penginapan Almira Homestay

 

Sabtu 20 Mei 2023

Waktu Kegiatan
06:00 – 06:30 Perjalanan dari penginapan ke Bukit Siwang
06:30 – 07:25 Jalan-jalan di Bukit Siwang
07:25 – 07:45 Perjalanan dari Bukit Siwang ke RM Ramayana 2
07:45 – 08:10 Sarapan di RM Ramayana 2
08:10 – 08:55 Perjalanan dari RM Ramayana 2 ke Air Terjun Taeno
08:55 – 10:10 Jalan-jalan di Air Terjun Taeno
10:10 – 11:40 Perjalanan dari Air Terjun Taeno ke Pantai Liang
11:40 – 12:35 Jalan-jalan di Pantai Liang
12:35 – 13:10 Perjalanan dari Pantai Liang ke Rujak Natsepa
13:10 – 13:35 Makan siang di Rujak Natsepa
13:30 – 15:40 Perjalanan dari Rujak Natsepa ke Batu Layar Larike (mampir isi bensin lama)
15:40 – 16:05 Jalan-jalan di sekitaran Batu Layar Larike
16:05 – 16:15 Perjalanan dari Batu Layar Larike ke Pantai Huluwa
16:15 – 17:10 Jalan-jalan di Pantai Huluwa
17:10 – 18:05 Perjalanan dari Pantai Huluwa ke Patung Fransiscus Xaverius
18:05 – 18:15 Jalan-jalan singkat di Patung Fransiscus Xaverius
18:15 – 19:00 Perjalanan dari Patung Fransiscus Xaverius ke Ambon Manise Shop (mampir beli aqua di Indomaret)
19:00 – 19:15 Belanja oleh-oleh di Ambon Manise Shop
19:15 – 19:30 Perjalanan dari Ambon Manise Shop ke Nasi Kelapa Ibu Ipa
19:30 – 20:00 Makan malam di Nasi Kelapa Ibu Ipa
20:00 – 20:15 Perjalanan dari Nasi Kelapa Ibu Ipa ke penginapan

 

Minggu 21 Mei 2023

Waktu Kegiatan
07:15 – 07:30 Perjalanan dari penginapan ke Gereja Katedral Paroki Fransiscus Xaverius
07:30 – 09:30 Misa pagi di Gereja Katedral
09:30 – 09:40 Perjalanan dari Gereja Katedral ke Pusat Kota
09:40 – 10:25 Jalan-jalan di pusat kota, Kantor Gubernur, Taman Pattimura dan Gong Perdamaian
10:25 – 10:30 Perjalanan dari pusat kota ke Keran
10:30 – 10:45 Jalan-jalan di Keran, Gedung DPRD & Taman Christina Martha Tiahahu
10:45 – 11:00 Perjalanan dari Keran ke penginapan
11:00 – 11:20 Packing persiapan pulang & checkout penginapan
11:20 – 11:45 Perjalanan dari penginapan ke Lela Coffee Shops
11:45 – 12:05 Sarapan sekaligus makan siang di Lela Coffee Shops
12:05 – 12:50 Perjalanan dari Lela Coffee Shops ke Batu Kapal Lilibooi
12:50 – 14:00 Jalan-jalan di sekitaran Batu Kapal Lilibooi
14:00 – 15:00 Perjalanan dari Batu Kapal Lilibooi ke bandara
15:00 – 15:15 Pengembalian motor di bandara

 

Rincian Biaya Pengeluaran jika menggunakan itinerary wisata Ambon seperti yang sudah disebut diatas:

Keperluan Biaya
Tiket pesawat Garuda Indonesia PP harga promo @1620000 3240000
Transport dari rumah ke Bandara Jakarta naik kereta api PP @33000 66000
Antar jemput Bandara Ambon @50000 100000
Menginap 2 hari di Almira Homestay @115000 230000
Sewa motor selama 2 hari di Ambon @100000 200000
Bensin motor selama di Ambon 68000
HTM Pantai Pintu Kota 10000
HTM Bukit Siwang – gratis 0
HTM Air Terjun Taeno Rumah Tiga – gratis 0
HTM Pantai Liang 5000
HTM Pantai Huluwa 5000
HTM Batu kapal Lilibooi 7000
HTM Gong Perdamaian 5000
Makan malam Jumat di Dapur Kole-kole 64000
Sarapan Sabtu di RM Ramayana 2 25000
Nyemil siang Sabtu di Rujak Natsepa 20000
Makan malam Sabtu di Nasi Kelapa Bu Ipa 27000
Nyemil siang Minggu di Kopi Lela 42000
Beli oleh-oleh di Ambon Manise Shop 467000
Akomodasi lain, minum aqua, dll 30000
Total biaya 4611000

Dan untuk video singkat mengenai perjalanan ke Ambon yang ditulis diatas bisa di tonton disini:

Nah setelah melihat artikel, itinerary dan rincian biaya yang cukup detail pada artikel Itinerary Wisata Ambon 2 hari, ada air terjun tersembunyi & pantai ini, apakah Anda tertarik untuk segera traveling ke Ambon? 😀 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *