Traveling Palembang Murah Naik Kereta Api, Biaya Transportasi Berangkatnya Cuma 130 Ribu Saja

Traveling Palembang Murah Naik Kereta Api, Biaya Transportasi Berangkatnya Cuma 130 Ribu Saja – Palembang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera sekaligus menjadi ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang terkenal dengan Jembatan Ampera yang membentang di atas Sungai Musi, serta makanan khasnya yaitu pempek. Dengan beragamnya kuliner khas serta beberapa tempat ikonik, tentu Palembang menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi di akhir pekan. Namun dengan budget yang sangat terbatas, apakah bisa liburan ke Palembang? Jawabannya tentu saja bisa, karena jika tau caranya, biaya transportasi dari Jakarta ke Palembang sangat terjangkau, yaitu cuma 130 ribu saja. Bagaimana tips dan triknya supaya murah? Yaitu dengan cara ngeteng, dan berikut ulasannya:

Traveling Palembang murah kali ini diawali dengan pertama kita akan naik KRL line Tanahabang – Rangkasbitung. Cari jadwal kereta di rentang waktu jam 17:30 – 19:15, jangan lebih dari jam 19:15 karena kita harus tiba di stasiun Rangkasbitung sebelum jam 21:15. Untuk jadwal KRL bisa dilihat di website Commuterline . Waktu itu hari Jumat, 17 Maret 2023 saya berangkat dari stasiun Palmerah yang jadwal 18:31. Karena berangkat di akhir pekan dan jam pulang kerja besar kemungkinan kereta akan penuh & bisa berdiri cukup lama, alangkah baiknya persiapkan kondisi fisik dengan baik. Perjalanan ke Rangkasbitung akan ditempuh dalam waktu 2 jam dan tarif KRL ini cuma 8000 rupiah saja.

Stasiun Rangkasbitung
Mengawali perjalanan dari Stasiun palmerah

Sekitar jam 20:30 kereta sampai di stasiun Rangkasbitung. Masih ada waktu 50 menit saya memilih keluar stasiun sebentar untuk cari makan. Di luar stasiun banyak yang menjual berbagai makanan dengan harga terjangkau, saya memilih makan nasi uduk warung tenda yang berada tak jauh di pinggir jalan dekat rel kereta stasiun.

Nasi Uduk Rangkasbitung
Makan malam nasi uduk dekat Stasiun Rangkasbitung

Setelah kenyang balik lagi ke stasiun Rangkasbitung untuk melanjutkan perjalanan. Berikutnya kita akan naik KA Lokal Merak, dengan tujuan akhir stasiun Merak. Jadwal keberangkatannya di pukul 21:25 dan ini merupakan kereta terakhir menuju Merak, makanya tadi di awal disarankan agar memilih KRL di jam sebelum 19:15, agar kita tidak sampai ketinggalan kereta terakhir menuju Merak ini. Perjalanan dari Rangkasbitung menuju Merak ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Harga tiket KA Lokal Merak hanya 3000 rupiah saja, bisa dipesan dari aplikasi KAI Access mulai dari 7 hari sebelum keberangkatan.

Naik KA Lokal Merak dari stasiun Rangkasbitung

 

Sekitar pukul 23:30 kereta tiba di stasiun Merak. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju pelabuhan, melewati jalan kecil pinggir stasiun dengan jarak sekitar 500 meter. Sebelum masuk pelabuhan saya mampir ke Indomaret dekat pintu masuk karena menurut info yang saya baca sebelumnya kalau disini suka mangkal mobil profit. Mobil profit adalah mobil yang baru keluar pabrik/dealer di Jakarta/Jawa dan dalam proses kirim ke dealer/konsumen yang ada di Sumatra. Biasanya supir yang mengantar mobil ini mencari penghasilan tambahan dengan mengangkut penumpang yang mau ikut dengannya. Tapi pas saya ke Indomaret ternyata sepi & ga ada mobil profit sama sekali. Akhirnya saya masuk ke pelabuhan dan beli tiket kapal ferry dan berpikir untuk ntar cari travel atau bus saja di Bakauheni untuk melanjutkan perjalanan ke Lampung. Tiket kapal ferry bisa dibeli di aplikasi Ferizy, lalu ketika sampai pelabuhan nanti kode booking yang sudah di dapat bisa dimasukkan / di scan di mesin pencetak tiket yang berada di pintu masuk pelabuhan. Harga tiket kapal untuk yang kapal reguler / ekonomi adalah 22000 rupiah.

Tiba di pintu masuk pelabuhan Merak & check in tiket kapal ferry

 

Sekitar pukul 23:55 saya sudah masuk pelabuhan dan menuju dermaga, terlihat sudah ada kapal SMS Mulawarman disana yang ternyata berangkatnya pukul 00:15 pagi, tapi saya terlambat datang sehingga pintu kapal sudah ditutup. Jadilah harus menunggu kapal berikutnya deh, karena bosen sambil jalan-jalan aja keliling dermaga sambil melihat suasana malam Bakauheni.

Suasana Pelabuhan merak di malam hari

 

Ternyata keterlambatan ini membawa berkah, saat selesai jalan-jalan dan lagi duduk nunggu kapal berikutnya datang, pas lihat kebawah kok lihat ada mobil baru Suzuki XL7 plat warna putih datang & mangkal dibawah dermaga. Dan benar saja tidak lama kemudian datang bapak-bapak menghampiri saya lalu bertanya “mas mau kemana?”, tak jawab saja “mau ke Tanjungkarang pak”, lalu dia nawarin bareng. Ya benar, ternyata itu adalah mobil profit yang sedang dalam perjalanan ke Sumatra. Bapaknya menawarkan harga 60000 dan nanti turun di Bandarlampung, ya sudahlah tanpa basa-basi saya iyain aja. Selain saya ada 3 orang lain lagi yang ikut perjalanan ini & ntar nambah 1 orang lagi pas ada di kapal. Ciri khas mobil profit ini adalah plat nya masih warna putih dan belum ada tanggal masa berlaku TNKB. Selain itu mobilnya masih bener-bener baru & kursinya masih terbungkus plastik semua, mantap deh traveling sekalian reyen mobil baru meski bukan milik sendiri 😀 .

Mobil profit yang nanti mengantarkan perjalanan Bakauheni – Bandar Lampung, masih kinyis2 😀 

 

Sabtu 18 Maret 2023, sekitar pukul 00:50 kapal berikutnya tiba & mobil mulai mengantri masuk kapal. Dan kebetulan dapatnya kapal KMP Kirana 9 milik PT Dharma Lautan Utama (DLU). Ini kapal mantap banget menurut saya kalo di kelas reguler/ekonomi. Pengalaman beberapa tahun lalu naik kapal reguler/ekonomi dapat KMP Menggala fasilitas seadanya, kursi dari plastik keras, ga ada AC, kapal kumuh. Tapi itu tidak terjadi dengan KMP Kirana 9 ini, fasilitasnya bak kapal eksekutif. Pintu masuknya mewah dan bersih. Ruang penumpang ber-AC dengan kursi yang sangat empuk dan bisa di reclining, di depannya ada panggung hiburan yang bisa untuk live music. Fasilitas lengkap sekali, mulai dari tempat charger station, mini bar, kantin, toilet, mushola, ruang informasi, dll. Ada juga ruang tidur untuk penumpang dengan kabin yang nyaman dan tentu saja dilengkapi AC, semua fasilitas tadi bisa didapat gratis tanpa biaya tambahan apapun meskipun ini kapal kelas reguler/ekonomi. Bagi yang tidak biasa di ruang AC atau ingin sambil ngrokok, bisa naik di bagian luar kapal, terdapat juga bangku-bangku yang nyaman, serta kantin diluar. Ada juga tempat bersantai layaknya tempat tidur santai yang ada di pinggir pantai yang bisa digunakan untuk tiduran. Pokoknya seneng banget dah naik kapal ini, sudah murah harga ekonomi, tapi pelayanan & fasilitas mantap. Dengan harga ekonomi 22 ribu, fasilitas yang didapat gak kalah dengan kapal eksekutif seharga 50 ribu yang dulu pernah saya naiki yaitu KMP Sebuku, mungkin cuma kalah di durasi waktu penyeberangan saja ya yang mana kapal eksekutif lebih cepat. Kurang lebih sekitar pukul 01:30 kapal mulai berjalan meninggalkan pelabuhan Merak, traveling Palembang murah pun mulai meninggalkan bagian dari Pulau Jawa. Oh iya untuk artikel pengalaman merasakan perbedaan naik kapal eksekutif dan ekonomi bisa dilihat di sini ya.

Suasana di kapal KMP Kirana 9 dengan segala fasilitasnya yang bagus

 

Setelah menempuh perjalanan 2 jam, sekitar pukul 03:30 kapal tiba di pelabuhan Bakauheni. Mobil bersiap mengantri untuk keluar kapal.

Traveling Palembang Murah - Sampai di Pelabuhan Bkauheni
Tiba di pelabuhan Bakauheni ditandai dengan terlihatnya Menara Siger

Traveling Palembang murah kini memulai perjalanannya di pulau Sumatra, dengan lanjut menuju kota Bandar Lampung sekitar pukul 03:45 mobil telah keluar pelabuhan. Meskipun sudah ada tol trans Sumatra, namun sopir memilih rute non tol, ya mungkin untuk menghemat ongkos operasional dan biar untungnya dia semakin banyak 😀 . Dengan mobil Suzuki XL7 yang masih baru kinyis-kinyis tentu perjalanan terasa cukup nyaman. Jalanan yang sepi & supirnya yang sepertinya sudah berpengalaman hafal medan, perjalanan dari Bakauheni ke kota Bandar Lampung berjarak sekitar 110km di tempuh hanya dengan waktu 1,5 jam saja itu sudah termasuk berhenti sebentar di terminal Rajabasa untuk menurunkan salah satu penumpang. Sekitar pukul 05:15 mobil sudah sampai di Bundaran Hajimena tempat saya turun untuk melanjutkan perjalanan. Disini mampir bentar untuk foto-foto salah satu landmark kota Bandar Lampung itu dan juga ke alfamart buat beli minum.

Bundaran Hajimena salah satu landmark Kota Bandar Lampung

 

Puas foto-foto bundaran Hajimena perjalanan dilanjut dengan tujuan berikutnya ke kota Tanjungkarang naik angkot. Untuk tarif angkot dari Bundaran Hajimena ke Ramayana Tanjungkarang harganya cuma 5000 rupiah saja. Ternyata tidak begitu jauh jaraknya dan ga sampai 30 menit sekitar pukul 06:15 sudah tiba di Tanjungkarang. Masih ada waktu kurang lebih 2 jam dengan waktu keberangkatan kereta, lumayan lama sih ini nunggunya, dan seperti biasa sambil nunggu sambil jadi gelandangan dulu 😀 biar traveling Palembang murah biayanya. Saya jalan kaki saja keliling sekitaran Tanjungkarang untuk menghabiskan waktu, itung-itung olahraga pagi, sambil foto-foto suasana pagi kota Tanjungkarang.

Foto random aja pas jalan-jalan sekitaran Tanjungkarang nunggu jadwal kereta api

 

Setelah agak capek jalan kaki saatnya buat cari sarapan. Sarapan kali ini saya memilih di warung Mie Asang yang ada di jalan Kartini, dan menu yang dipilih adalah Locupan. Locupan merupakan hidangan kuliner berbahan dasar mie yang identik dengan etnis Tionghoa. Uniknya, mie yang digunakan jauh berbeda dengan mie pada umumnya di kuliner nusantara. Di mana penampilan locupan hampir mirip dengan mie udon khas Jepang, namun cita rasanya begitu khas. Locupan memiliki ciri khas berukuran pendek dan tebal. Sepintas, mi locupan memiliki bentuk seperti cendol atau dawet. 1 porsi locupan disini dihargai 25000 rupiah.

Locupan
Sarapan Locupan

Perut sudah kenyang & jam menunjukkan pukul 07:45, saya mulai lanjut jalan kaki ke stasiun Tanjung Karang yang berada sekitar 800 meter dari warung. Stasiun Tanjungkarang adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di di Gunung Sari, Enggal, Tanjung Karang, Bandar Lampung. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun dalam jalur kereta api yang menghubungkan Bandar Lampung dengan Kota Palembang, Sumatra Selatan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +96 m ini merupakan stasiun kereta api utama PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjungkarang.

Naik kereta api Rajabasa di Stasiun Tanjungkarang

 

Traveling Palembang murah, perjalanan berikutnya akan dilakukan dengan menaiki KA Rajabasa, keberangkatan pukul 08:30 & diperkirakan nanti tiba di stasiun Kertapati, Palembang sekitar pukul 17:57. Kereta Rajabasa adalah kereta kelas ekonomi subsidi dengan konfigurasi seat kiri kanan 3-2 berhadap-hadapan dan adu dengkul 😀 dimana dalam 1 gerbong bisa mengangkut 106 penumpang. Perjalanan dari Tanjungkarang ke Kertapati sejauh +/- 389 km akan ditempuh dalam waktu +/- 9 jam 30 menit. Kereta api Rajabasa membawa 6 gerbong kereta penumpang + 1 gerbong kereta makan, lalu ditarik oleh lokomotif seri CC201. Ciri khas kereta api di Sumatra adalah livery lokomotifnya yang menggunakan warna dominan merah biru, beda dengan lokomotif kereta api di Jawa yang dominan berwarna putih. Karena masuk kelas ekonomi PSO tentu saja harga tiket nya murah, cuma 32000 rupiah saja, dan tiket bisa dipesan di aplikasi KAI Access mulai dari 30 hari sebelum keberangkatan. 

Tepat pada waktunya kereta mulai berjalan meninggalkan stasiun Tanjungkarang. Layaknya perjalanan kereta, disepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan indah hijaunya persawahan, serta beberapa kali kereta melewati jalur tengah hutan. Salah satu ciri khas perjalanan kereta lintas Lampung-Palembang adalah seringnya kereta bersilangan dengan KA Babaranjang. Babaranjang sendiri adalah singkatan dari Batu Bara Rangkaian Panjang. Kereta ini mengangkut batu bara dari Stasiun Tanjung Enim Baru, Sumatera Selatan sampai Stasiun Tarahan, Lampung yang jaraknya mencapai 409 Km. Kereta ini adalah kereta api jenis barang yang mengangkut batu bara milik PT Bukit Asam Tbk, sebagai wujud kerja sama antara Bukit Asam dengan PT Kereta Api Indonesia. Saking banyak gerbongnya, sampai pusing waktu ngitung kira-kira berapa panjang sih gerbong yang dibawa kereta ini? 😀

Sekitar pukul 16:00 perjalanan kereta api traveling Palembang murah tiba di Stasiun Prabumulih, Sumatra Selatan. Stasiun Prabumulih (PBM) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe C yang terletak di Pasar Prabumulih, Prabumulih Utara. Stasiun ini terletak di ketinggian +43m dan berada pada jalur pertemuan kereta dari arah Tanjungkarang di Bandar Lampung dan Lubuklinggau dengan Kertapati di Palembang.

Traveling Palembang Murah - Biar murah naik kereta api
Kereta Api Rajabasa singgah di Stasiun Prabumulih

Selepas stasiun Prabumulih, jalur kereta ke arah Kertapati Palembang sudah dibangun rel ganda. Jika sebelumnya setiap persilangan, salah satu kereta akan berhenti dulu di stasiun untuk memberi jalan kereta lain, setelah melewati Prabumulih hal itu sudah tidak terjadi lagi, karena sudah terdapat 2 jalur kereta, ya seperti kalau kita naik kereta Jakarta-Surabaya melalui jalur utara lah. Mungkin karena adanya duoble track ini jadi waktu tempuh bisa dipercepat, karena waktu itu kereta bisa tiba di stasiun Kertapati sekitar pukul 17:30, lebih cepat dari jam perkiraan yang tertera di tiket yaitu pukul 17:57.

Pukul 17:30 kereta tiba di stasiun Kertapati, Palembang. Stasiun Kertapati merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kemas Rindo, Kertapati, Palembang. Stasiun kereta api terbesar ini ada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang, serta merupakan stasiun terbesar utama Sumatra Selatan. Stasiun ini berada di atas pertemuan Sungai Ogan dan Musi, dan merupakan salah satu dari dua stasiun kereta api yang bertipe terminus (ujung) di Sumatra Selatan. Akhirnya setelah menempuh perjalanan sekitar total 23 jam, akhisrnya kesampaian juga traveling Palembang. Murah meriah, meski waktu tempuhnya lama 😀 

Stasiun Kertapati Palembang

 

Jadi rincian total biaya traveling Palembang murah dari Jakarta adalah:

Keperluan Biaya
KRL Palmerah – Rangkasbitung 8000
Kereta Lokal Rangkasbitung – Merak 3000
Ferry Merak – Bakauheni 22000
Mobil profit Bakauheni – Bandarlampung 60000
Angkot Bandarlampung – Tanjungkarang 5000
Kereta Rajabasa Tanjungkarang – Kertapati 32000
Total 130000

 

Murah banget kan. Tips ini juga bisa digunakan untuk perjalanan sebaliknya dari Palembang ke Jakarta, tapi start nya dibalik jadi pagi dari Palembang, karena jadwal kereta Rajabasa dari Kertapati ke Tanjungkarang yaitu jam 08:30 pagi dan tiba di Tanjungkarang sekitar jam 6 sore. Nanti di Tanjungkarang bisa lanjut naik travel ke Bakauheni, atau bisa naik bus dari terminal Rajabasa Bandar Lampung, tapi bus dari terminal Rajabasa ke Bakauheni hanya ada sampai jam 7 malam saja, jadi kalau mau naik bus, setelah sampai stasiun harus bergegas menuju terminal agar tidak ketinggalan bus terakhir. Lalu setelah menyeberang ke Merak, lanjut naik kereta lokal Merak jadwal paling pagi sekitar jam 04:15 pagi ke Rangkasbitung, lanjut naik KRL ke Jakarta.

Kekurangannya dari cara ngeteng traveling Palembang murah ini ya tentu saja di durasi waktu yang cukup lama yaitu 23 jam perjalanan. Tips ini bisa digunakan untuk anda yang tidak diburu waktu, yang punya budget benar-benar minim, atau yang ingin merasakan sensasi liburan ala backpacker. Karena kalau pakai metode lain, untuk naik bus yang langsung tujuan Jakarta-Palembang rata-rata tarif termurah ada di kisaran 300 ribuan keatas dengan waktu tempuh 12-15 jam, kalau mau lebih cepat lagi ya naik pesawat dengan kisaran harga diatas 600 ribu dengan waktu tempuh 2 jam, dan kalau naik pesawat perlu mempertimbangkan lagi ongkos taksi dari bandara ke kota Palembang yang mahal. Kalau menurut saya dengan tarif yang sangat murah begini, perjalanan ngeteng ini masih worth it ya, dengan catatan anda tidak diburu oleh waktu. Sisa alokasi uang transport bisa dibuat untuk tambahan alokasi biaya kulineran & wisata.

Untuk video singkat tentang perjalanan dari Jakarta ke Palembang yang saya tulis tadi, bisa dilihat di video berikut ini:

@pakdekge

Tips liburan murah dari Jakarta ke Palembang, biaya perjalanan cuma 130 ribu saja, yaitu dengan cara ngeteng, selengkapnya lihat di video… 😁😁😁 #travelingmurah #ngeteng #ayonaikkereta #liburanmurah #keretaapi #karajabasa #palembang #liburanpalembang #kulinerpalembang #keretaapiindonesia #keretaapisumatera #stasiunkertapatipalembang #stasiuntanjungkarang #kababaranjang #tipsliburanmurah #solotravel #solotrip #solotraveling #solotraveler #bakauheni #merak #kalokalmerak #travelbakauhenibandarlampung #tipsliburan #tipsliburanhemat

♬ Dj Play X Unity (Remix) – ILan Lamante

Kunjungan saya ke Palembang ini singkat saja cuma 1 hari karena Senin siang sudah harus kembali di Jakarta, jadi ya kulineran & mengunjungi tempat-tempat yang deket dengan kota saja. Karena isi tulisan di halaman ini sudah lumayan panjang, mengenai kegiatan di Palembang yaitu: ulasan tempat kuliner & tempat wisata yang bisa dikunjungi di Palembang dengan waktu terbatas hanya 1 hari, tempat penyewaan kendaraan, tempat penginapan & review tranportasi naik bus pulang ke Jakarta, dilanjut di halaman 2 ya, langsung klik aja halaman 2 dibawah… 😀 .

1 thought on “Traveling Palembang Murah Naik Kereta Api, Biaya Transportasi Berangkatnya Cuma 130 Ribu Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *