Kerja 8 hari di Batam: Mampir sehari explore Pulau Galang & Review singkat beberapa tempat makan sekitaran kota Batam

Berikut beberapa tempat makan di kota Batam yang sempat saya kunjungi kemarin dan beberapa review singkat menu makanan yang saya coba, yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan ketika bingung cari tempat makan saat berada di kota Batam:

1. Mie Tarempak Sungai Panas
Tarempa adalah sebuah daerah yang terdapat di Kepulauan Anambas, salah satu pulau di wilayah kepulauan Riau. Jadi tempat makan ini tentu saja menyediakan makanan-makanan otentik asal Anambas, kepulauan Riau. Waktu saya ke Batam pertama kali dulu mampir ke Mie Tarempak yang di Teluk Kering, dan sekarang pingin nyoba di tempat lain yaitu di Sungai Panas. Karena dulu sudah pernah nyoba Mie Tarempa dan luti gendang nya, sekarang nyoba menu lain yaitu Nasi Dagang dan Sate Tarempa. Nasi dagang merupakan salah satu makanan khas dari Kepulauan Riau. Nasi ini ditanak dengan santan kelapa dan dibungkus daun pisang, dan disajikan dengan ikan tongkol dan telur ayam. Karena di daerah asalnya biasanya nasi ini dijadikan menu sarapan, maka porsinya juga disesuaikan yaitu dengan porsi sedikit, ya mirip-mirp porsinasi kucing begitu lah. 1 porsi nasi dagang disini dihargai 5 ribu saja. Untuk menu utamanya saya memilih Sate Tarempa. Seperti sate pada umumnya bahan utamanya adalah daging ayam, tapi tentu dengan bumbu khas Tarempa. Yang membedakan dengan sate pada umumnya kalau menurut saya, daging ayamnya ada campuran-campuran parutan kelapa gitu jadi membuat lebih renyah, lalu bumbu satenya agak encer jika dibandingkan sate di Jawa, lebih seperti kuah kental, dan ada santannya juga, warna agak kemerahan dan sudah ada rasa pedasnya tanpa sambal. Untuk 1 porsi Sate Tarempa harganya 20 ribu.

Makan Nasi Dagang & Sate Tarempa

Untuk menu dan harga makanan di Mie Tarempa Sungai Panas, dan juga Mie Tarempa cabang lain kurang lebih sama, rata-rata harganya seperti yang tertera di menu dibawah ini (daftar harga per Juli 2022 ya, sewaktu-waktu mungkin bisa berubah):

Explore Pulau Galang - Menu Makanan Mie Tarempa
Menu Makanan di Mie Tarempa Sungai Panas

2. Amir Prata Tiban
Roti prata yaitu roti yang berbentuk pipih yang berasal dari India berbahan baku tepung gandum utuh, ghee atau butter khas India, dan air. Biasanya roti ini disajikan dengan kuah kari. Untuk kata prata sendiri berasal dari bahasa india yang mempunyai arti datar. Roti prata banyak ditemui di Singapura yang dijual oleh pedagang-pedagang keturunan India disana. Selain di Singapura roti ini juga cukup populer di Batam. Salah satu tempat makan yang menyediakan menu khusus roti prata adalah Prata Amir yang ada di daerah Tiban. Di sini menyediakan berbagai macam varian roti prata, mulai dari prata original, prata telur, prata daging, prata keju, prata coklat, dan berbagai varian lainnya. Tempat makanannya juga cukup nyaman, jadi anda bisa sambil nongkrong malam menikmati roti prata & secangkir teh tarik hangat disini. Waktu kesini saya memilih menu Roti Prata Telur Jumbo dan minum Teh Tarik Hangat, dimana untuk menu tersebut harganyaadalah 29 ribu.

Makan Roti Prata di Amir Prata Tiban

3. 168 Foodcourt Kampung Seraya
168 Foodcourt adalah salah satu foodcourt di Batam yang berada di Kampung Seraya. Lokasinya tak jauh dari tempat perbelanjaan Nagoya Hill. Di foodcourt ini berjejer banyak sekali stand yang menjual berbagaimacam makanan, mulai dari seafood, chinese food, ayam penyet, soto, dll. Suasana nya juga cukup nyaman karena berada di tempat terbuka yang sangat luas, dan juga terdapat puluhan meja & kursi untuk tempat makan. Jika malam hari disini juga ada live music, jadi sambil makan kita bisa mendengarkan penyanyi mempersembahkan suara dan lagu terbaiknya.

Suasana Malam di 168 Foodcourt

Untuk tempat makan yang saya pilih waktu berkunjung kesini adalah Mie Sagu Selat Panjang. Mie Sagu merupakan makanan khas masyarakat Riau, terutama masyarakat di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Ciri khas Mie Sagu dari Riau adalah penambahan ikan bilis alias ikan teri yang berfungsi menambah tekstur dan rasa pada sajian Mie Sagu. Selain itu, Mie Sagu Riau juga disajikan dengan potongan kucai dan tauge. Di stand ini juga menyediakan Xi Mi Lu. Kalau di lihat sih bentuknya mirip-mirip Es Buah. Xi Mi Lu ini konon katanya berasal dari Hong Kong, yang membedakan dengan sop buah biasa yaitu XI Mi Lu dibuat tanpa menggunakan santan tapi menggunakan bubuk krim yang didinginkan di dalam kulkas. Selain itu di Xi Mi Lu juga ditambahkan topping jelly berbentuk panjang seperti mie ramen dan juga sagu mutiara. Untuk menikmati mie sagu dan xi mi lu di sini siapkan uang 50 ribu.

Makan Malam Mie Sagu dan Xi Mi Lu

4. Anambas Kopitiam Palm Spring
Kedai Anambas adalah salah satu tempat makan yang berlokasi di Palm Spring. Disini menyediakan beberapa makanan khas Riau seperti nasi dagang, mie Anambas, luti gendang, dll. Selain itu disini juga menyajikan makanan nusantara pada umumnya seperti nasi goreng, ayam goreng, roti bakar, dll. Untuk luti gendang nya, kalau kita beli di warung Mie Tarempa hanya ada varian original yang isinya ikan tuna, di kedai Anambas ini bisa memilih varian lain seperti isi ayam kari, coklat, stroberi, keju dll. 1 luti gendang disini dihargai 4000 rupiah saja. Dan di makan malam kali ini selain luti gendang, karena penasaran sama rasanya ikan salai akhirnya saya memilih menu Nasi Ikan Salai Matah. Ikan salai adalah salah satu jenis ikan asap tradisional Indonesia dan merupakan kuliner lokal dari Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Di sini ikan salai dimasak dengan sambal matah lalu disajikan dengan telur goreng mata sapi. Sebenarnya saya tidak boleh makan pedas, tapi karena penasaran ya sudah sekali-kali gakpapa deh, sambil pas makan sambalnya banyak dipinggirin, biar kena minyak sambalnya saja 😀 . Untuk rasanya enak gurih, ikannya juga empuk, dan tentu saja pedas karena memang di masak sambal matah, tapi kalau sambalnya dipinggirkan, tingkat kepedasannya masih masuk untuk saya yang gak boleh makan terlalu pedas. 1 porsi Nasi Ikan Salai disini dihargai 31 ribu.

Makan Malam Nasi Ikan Salai & Luti Gendang di Anambas Palm Spring

5. Kedai Kopi Harum Manis Nagoya
Salah satu kuliner yang dicari saat berada di Batam adalah mie lendir. Sajian ini terdiri dari mi kuning berdiameter besar yang disajikan dengan saus kental berbumbu menyerupai lendir. Kuah mie lendir terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dengan rempah. Untuk topping nya hanya telur rebus yang diiris tipis-tipis dan disajikan di pinggir mie. Mie lendir biasanya cocok untuk dijadikan sarapan pagi. Setelah searching2 akhirnya dapat salah satu tempat rekomendasi untuk makan mie lendir, yaitu di Kedai Harum Manis yang berada di dekat pasar Nagoya. 1 porsi mie lendir disini dihargai 14 ribu saja, tapi karena sambil tambah teh tawar jadi nambah 5 ribu jadi 19 ribu. Ya begitulah kalo makan di Batam, minumnya mahal, teh tawar bisa 5000 atau lebih, nanggung sebenarnya kalau pesan teh tawar, mending sekalian upgrade ke teh tarik paling sekitar 10-12 ribuan saja.

Explore Pulau Galang - Mie Lendir
Sarapan Mie Lendir di Kedai Harum Manis

6. Nasi Ayam Hainam Budi Siang Malam Mitra Raya
Jika anda lapar di malam hari dan bingung mencari tempat makan yang buka 24 jam di kota Batam, maka Nasi Ayam Hainam Budi Siang Malam bisa jadi pilihan. Tempat makan ini buka 24 jam penuh, dan terdapat beberapa cabang di kota Batam, yang salah satunya adalah yang sempat saya kunjungi kemarin yaitu berada di Pasar Mitra Raya. Menu utama yang disajikan disini tentu saja Nasi Ayam Hainam. Nasi ayam hainan ini sebenarnya hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara. Nasi hainam disini berwarna kuning dan disajikan dengan ayam panggang serta kuah kaldu yang nikmat. Meski ini chinese food, tapi buat traveler muslim bisa makan disini, karena yang disajikan disini semua menunya adalah berbahan ayam dan ada label halal di tempat makan ini. 1 porsi nasi hainam ayam ditambah 1 teh tarik hangat harganya 35 ribu.

Explore Pulau Galang - Kuliner Nasi Ayam Hainam
Nasi Ayam Hainam Budi Siang Malam

7. Kedai Seloka Mitra Raya
Pagi-pagi lagi pengen sarapan menu yang jarang di temui di Jakarta akhirnya searching-searching dan nemu info tentang Mie Siam. Mie Siam adalah salah satu makanan khas Melayu berbahan dasar bihun. Dalam satu porsi Mie Siam terdapat bihun, udang, bakso ikan, tauge, potongan cabai rawit dan potongan tahu. Mie siam ini diolah dengan bumbu-bumbu yang khas sehingga menghasilkan cita rasa yang manis dan asam. Salah satu tempat makan yang menyediakan sarapan mie siam adalah Kedai Seloka yang berada di Pasar Mitra Raya. 1 porsi mie siam disini dihargai 20 ribu, kalau ditambah minum teh manis hangat tinggal nambah 6 ribu. Di sekitaran pasar raya selain kedai Seloka ini juga berjejer kedai-kedai lain yang menyediakan berbagai macam makanan, tidak hanya makanan khas Melayu saja, makanan nusantara seperti mie ayam, dll juga banyak disini.

Explore Pulau Galang - Kuliner Mie Siam
Mie Siam Kedai Seloka

8. Kedai BK Mitra Raya
Kalau membahas makanan khas Melayu kurang lengkap rasanya kalau belum nyoba nasih lemak. Nasi lemak ini nasi udunknya versi masyarakat Melayu. Istilah ‘lemak’ merujuk pada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa. Nasi Lemak ini sangat khas karena dibuat dengan campuran santan, jahe, daun pandan, daun serai, sehingga menimbulkan aroma harum dan membuat orang semakin tidak sabar untuk mencicipinya. Nasi ini biasanya disajikan dengan tambahan cabai merah yang dicampur dengan ikan atau sotong. Salah satu tempat yang menyediakan menu nasi lemak adalah Kedai BK yang berada di pasar Mitra Raya. Disini nasi lemak disajikan dengan sayur tumis, ikan teri kacang, kentang balado, karena saya memesan yang versi komplit maka ditambahkan lauk ayam goreng, ikan asin, dan telur balado, benar-benar sarapan full carbo ini 😀 . 1 porsi nasi lemak komplit disini dihargai 31 ribu, lumayan mahal ya, tapi menurut saya worth it karena memang lauknya yang lengkap dan banyak, serta rasa nasi uduknya itu mantap, pulen dan gurih.

Explore Pulau Galang - Nasi Lemak
Nasi Lemak Komplit Kedai BK

9. Mie Tarempak Teluk Tering
Walaupun dulu sudah pernah makan disini, kok kayaknya kurang lengkap ya 8 hari di Batam gak mampir makan kesini lagi, apalagi saat ini juga sekalian bareng ngantar makan teman dari Singapore yang mau pulang ke Jakarta transit Batam, jadi malah sempat 2x makan disini 😀 . Karena sebelumnya sudah pernah merasakan Mie Tarempa, Nasi Dagang & Sate Tarempa maka saya mencoba pesan menu lain. Menu makanan yang kemarin sempat saya coba saat makan bersama selama 2x adalah Lontong Sayur Tarempa dan Sop Campur. Sedangkan snacknya kami mencoba menu Ngo Hiang Ikan dan tentu saja Luti Gendang. Untuk luti gendangnya disini sudah tidak perlu diragukan lagi rasanya memang enak, bahkan bisa dijadikan oleh-oleh karena banyak yang jual di bandara luti gendang dari toko Mie Tarempak ini. Untuk tempat makannya waktu pertama datang 2 tahun lalu saya kira hanya di ruko kecil bawah saja, ternyata pas kesini kemaren baru tau 3 ruko bersebelahan masing-masing 2 lantai masih dalam wilayah toko Mie Tarempak Teluk Kering ini 😀 .

Suasana tempat makan di Mie Tarempak Teluk Kering

Hidangan lontong sayur disini sama seperti lontong sayur pada umumnya, tapi yang membedakan adalah kuahnya yang pekat, kerupuknya menggunakan kerupuk udang yang di remukkan, sayurnya menggunakan sayur nangka, ditambah telur rebus, bawang goreng dan kacang sebagai toping tambahannya.

Lontong Sayur Tarempa

Sedangkan untuk sop nya, karena saya memilih sop campur isiannya antara lain bakso, ikan, udang, dan sayur entah itu kol atau sawi saya kurang tau 😀 . Rasa sup nya menurut saya enak, gurih asin, dan topping nya tidak pelit, bakso, ikan, dan udangnya porsinya banyak.

Sup Campur Tarempa

Satu menu lagi yang dicoba adalah Ngo Hiang Ikan. Ngo Hiang adalah jajanan berupa kulit tahu isi daging ikan cincang dengan bubuk ngo hiong. Kalau menurut saya ngo hiang disini kurang OK, karena masaknya ternyata cuma kering di luar saja, sementara dalamnya masih terlalu lembek, sehingga rasanya kurang mantap di mulut dan masih ada sedikit rasa agak amis ikannya, mungkin kalau dimasaknya bagian dalam lebih kering harusnya mantap ini rasanya, karena rasanya sebenarnya gurih.
Untuk harganya kurang tau pasti ya soalnya yang bayarin temen 😀 , tapi harusnya sih sama atau gak beda jauh dengan foto pricelist harga menu Mie Tarempa yang di Sungai Panas.

Kue Ngo Hiang

10. A2 Foodcourt Lubuk Baja
A2 Foodcourt merupakan salah satu foodcourt di Batam yang berada di Lubuk Baja tak jauh lokasinya dari Batam City Square Mall. Kalau dilihat dari review google, foodcourt ini adalah yang paling ramai di review dibanding foodcourt lainnya, mungkin foodcourt ini yang terbesar dan terlengkap ya di Batam. Suasananya kurang lebih sama seperti di 168 Foodcourt yang sempat dibahas tadi, hanya saja disini jauh lebih luas tempatnya, dan jauh lebih lengkap stand jualannya. Saya sempat 2x makan disini, untuk makan pertama saya mencoba makan Nasi Laubak. Nasi Laubak adalah nasi dengan lauk daging babi, kulit babi, telur ayam dan tahu yang dimasak dengan bumbu kecap. 1 porsi nasi laubak disini dihargai 31 ribu, cukup mahal mungkin karena dagingnya yang banyak dan besar dan menurut saya masih ok lah, karena rasayanya juga lumayan enak, cuma kalo menurut saya porsi nasi yang diberikan terlalu sedikit 😀 .

Nasi Laubak A2 Foodcourt

Untuk makan yang kedua disini, karena sudah sering makan makanan Melayu dan Chinese, akhirnya pengen makanan Jawa saja, dan akhirnya pilihan jatuh pada stand Sop Jawara. Disini menyediakan berbagai macam makanan berkuah seperti rawon, sop, tongseng dan soto, dengan daging sapi, kambing, atau ayam. Karena dana sudah tinggal terbatas ga cukup kalo ambil yang daging sapi, jadinya pesennya tongseng ayam saja 😀 . Untuk rasanya menurut saya enak, dan daging ayamnya banyak nggak pelit. 1 porsi tongseng + nasi disini dihargai 30 ribu.

Tongseng Ayam Sop Jawara di A2 Foodcourt

11. Soto Medan Lezat Batam Centre
Waktu bulan Februari kemarin sempat pergi ke Medan tapi belum sempat makan sotonya, pas lagi searching-searching kok katanya ada rekomendasi Soto Medan yang enak di kota Batam, jadilah langsung cus kesana. Tempat makan tersebut adalah Soto Medan Lezat yang berada di Batam Centre tak jauh dari alun-alun kota Batam. Menu utamanya tentu saja soto dengan berbagai pilihan seperti soto daging, soto ayam, soto paru, soto campur, dll. Ciri khas Soto Medan adalah santan dan bumbu dari beragam rempah. Paduan santan dan rasa rempah yang kaya ini menghasilkan tekstur kuah soto yang kental dengan rasa sedap. Sama satu lagi di soto medan biasanya ditambahkan topping perkedel kentang. Untuk makan siang kali ini saya memilih soto campur yang berisi semua daging komplit. 1 porsi soto campur & teh hangat disini dihargai 31 ribu. Karena sudah kebiasaan makan di kampung kalau soto ya harus campur nasi, maka langsung dituang saja semua sotonya dicampur ke piring nasi biar tambah nikmat 😀 .

Soto Medan Lezat di Batam Centre

12. Kedai Sahabat Masakan Medan Mitra Raya
Lagi-lagi kok review tempat makan yang di Mitra Raya, ya karena saya waktu di Batam tinggalnya dekat situ 😀 . Untuk alasan kesini sebenarnya karena sudah lapar saja habis pulang nyupir jarak jauh dari pulau Galang dan pengen segera makan sambil buka laptop karena ada kerjaan team Jakarta minta dibantu remote. Tapi makanan yang di sajikan disini enak juga kok. Disini menyajikan menu-menu chinese food khas Medan. Saat makan sore disini saya memilih menu Nasi Goreng. Nasi goreng disini topping nya komplit berisi antara lain telur, daging ayam, bakso, udang, dan yang paling mantapnya adalah beberapa daging babi goreng kecil-kecil kremes seperti kremesan ayam kfc gitu. Nasi goreng dengan bumbu rempah yang cukup sedap lalu ditaburi bawang goreng, menurut saya OK untuk dijadikan menu makan sore / malam. 1 porsi nasi goreng + teh hangat disini dihargai 33 ribu.

Nasi Goreng Medan Kedai Sahabat Mitra Raya

13. Gudeg Sukowati Baloi Permai
Jika anda kangen masakan Jawa dan ingin makan dengan harga super murah, warung Gudeg Sukowati di Baloi Raya ini bisa jadi pilihan. Disini menyediakan masakan Jawa dengan menu utama Gudeg dan Nasi Pecel, dengan berbagai macam lauk seperti telur dadar, telur semur, ayam goreng, ayam opor, tempe, tahu, peyek, dan lain sebagainya. Kemarin makan berdua sama temen disini saya pesen pecel telur, peyek, mendoan dan teman pesen gudeg, krecek, telur, orek, gorengan cuma habis 23 ribu sudah termasuk masing2 minum teh tawar hangat, kalo kata Indra Kenz sih ini “Waw Murah Bangets….” 😀 .

Makan nasi pecel di Gudeg Sukowati

 

Demikian tulisan singkat tentang Explore Pulau Galang dan Review Singkat Kuliner Sekitaran Batam , terimakasih sudah membaca, dan semoga informasi yang diberikan bisa berguna buat yang membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *