danau dekat jakarta danau gawir

Ingin Berwisata Gratis ke Danau Dekat Jakarta? Danau Gawir solusinya.

Danau Dekat Jakarta Danau Gawir. – Jika mendengar kata kota Jakarta, Tangerang atau Jabodetabek, yang terlintas dipikiran kita tentu saja adalah kota yang ramai, macet, padat penduduk, panas, modern, sempit, banyak bangunan rumah, toko, dan gedung2 tinggi. Itu memang benar adanya. Untuk orang yang tinggal di Jakarta & Tangerang seperti saya, tentu saja bosan dengan situasi seperti itu terus menerus dan perlu pada waktu-waktu tertentu ingin menikmati suasana yang sejuk, asri, alami, dengan nuansa pedesaan. Hal seperti itu tentu saja sangat sulit di temui di Jabodetabek yang metropolitan ini. 

Di masa liburan Idul Fitri ini saya memilih tidak mudik, karena mempertimbangkan akan ramai sekali arus mudik & balik, karena pasti kebanyakan orang pada ingin mudik setelah 2 tahun dilarang mudik karena pandemi, ditambah lagi 3 minggu yang lalu saya sudah sempat mampir pulang kampung beberapa hari saat ada kerjaan di Jawa Timur. Mengisi waktu libur biar ga cuma rebahan saja di rumah saya memilih mendirikan tenda & camping meski cuma di belakang rumah aja 😀 , dan bersepeda berkeliling beberapa kecamatan disekitaran Citra Raya. Iseng-iseng cari di google maps tempat yang masih cukup alami di dekat-dekat rumah. Akhirnya ada 1 tempat yang cukup menarik perhatian yaitu Danau Gawir.

Danau Gawir ini berada di Legok, Kabupaten Tangerang, atau sekitar kurang lebih 35 KM dari Jakarta, dengan akses jalan yang cukup mudah dan medan tak terlalu ekstrim seperti jika kita ingin berwisata alam ke curug2, atau tempat camping di sekitaran kabupaten Bogor. Kalau dari Citra Raya jarak yang ditempuh untuk menuju danau ini sekitar 12 KM, pas dah buat rute bersepeda sekalian mencari keringat olahraga di pagi hari. Berhubung saya berangkat dari Citra Raya rutenya adalah ke selatan dulu menuju Panongan, lalu lanjut ke Bandara Budiarto, setelah melewati bandara belok kiri arah Legok ikut jalan kampung. Patokannya kalau sudah dekat akan ketemu jalan paving, nanti belok kanan saja. Gampangnya sih lihat google maps aja dah, rutenya sudah ada di google maps & pas saya coba ikutin juga rutenya ngga ngaco kok. Untuk menuju kesini sebaiknya sih pakai sepeda / motor saja karena jalannya saat dekat danau cukup sempit, bawa mobil sih bisa-bisa saja, mungkin agak kesususahan kalau ntar simpangan aja.

Pemandangan yang didapat disini tentu saja danau dengan air yang cukup jernih berwarna biru kehijauan agak gelap, dikelilingi pepohonan hijau di seberang danau, lalu di sisi kita berdiri terdapat padang rumput hijau dengan sungai kecil dangkal yang mengalir menuju danau. Udara kalau masih belum terlalu siang disini juga sejuk, ditambah pemandangan segar padang rumput dan pepohonan yang mengelilingi air danau.

Pemandangan di Danau Gawir

 

Satu hal yang membuat saya betah disini, adalah di padang rumput ini juga banyak sapi / kerbau gembalaan warga yang bebas berkeliaran. Serasa di kampung aja deh (padahal ndek kampung yo asline ora nduwe kebo / sapi blas 😀 ) , jadi selain menikmati pemandangan danau, kita bisa melihat hijaunya padang rumput dengan banyak kerbau yang sedang makan rumput tersebut, atau sedang nongkrong2 saja di rumput, bahkan sebagian ada yang berendam di sungai dangkal sekitaran padang rumput dekat danau. Ya sedikit mengobati rindunya suasana di kampung lah.

Suasana Padang Rumput Pinggir Danau 

Untuk menikmati wisata ini tidak ada biaya tiket masuk apapun alias gratis, cocok banget deh buat dijadikan tempat refreshing sementara melihat pemandangan ijo2 yang asri biar ga tiap hari suntuk lihat hp, laptop, kemacetan & kepadatan ibukota aja. Untuk fasilitas disini masih seadanya saja, namun disekitaran danau sudah ada beberapa warung warga yang menyediakan makanan seperti indomie, gorengan, dan minuman, jadi tidak perlu khawatir kelaparan jika berkunjung kesini. Dengan lokasi yang masih cukup asri, tempat ini juga cocok dijadikan lokasi camping. Namun jika ingin camping disini menurut info yang saya dapat syaratnya hanya sebaiknya izin dulu kepada warga sekitar dan pak RT setempat.

Nah setelah membaca tulisan ini, jadi sudah tidak binung lagi ya untuk berwisata alam gratis dekat di Jakarta. Ingin Berwisata Gratis ke Danau Dekat Jakarta Danau Gawir solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *